Single Post

Ilmu Untuk Diamalkan

 

Ilmu agama bukan sebuah tujuan akhir. Masih ada amalan yang menanti di hadapan. Ilmu yang tak di amalkan ibarat pohon yang tak berbuah.

Allah mengabarkan tentang keadaan ahli kitab yang tidak mengamalkan ilmunya

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ
“Mengapa kamu menyuruh orang lain mengerjakan kebajikan sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri. Padahal kamu membaca kitab (Taurat). Tidakkah kamu mengerti?” (QS. Al Baqarah: 44)

Dalam ayat yang lain Allah menegaskan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ * كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ
Wahai orang-orang yang beriman mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. (QS. Shaff: 2-3)

Mempelajari ilmu syar’i butuh hidayah. Itiqomah untuk terus belajar juga butuh hidayah. Dan mengamalkan ilmu yang telah di dapatkan juga membutuhkan hidayah. Mari kita adukan kefakiran diri ini kepada Allah. Selalu menengadahkan tangan dan berdoa memohon pertolongan-Nya. Ya Allah berilah kami ilmu yang bermanfaat dan amalan salih yang diterima di sisi-Mu.

Diary 0001 Bersama Menuju Surga
Twitter : @MenujuSurga_BMS
Instagram : bersamamenujusurga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *