Single Post

Didiklah Anakmu !

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrahnya, yaitu bertauhid dan berpotensi untuk baik. Selanjutnya cara orang tua dalam menjaga, memelihara, mengarahkan, membimbing, atau mendidik anak untuk kesuksesan dunia ataupun akhirat akan menjadi sesuatu yang sangat menentukan. Orang tua adalah pihak pertama yang paling dekat dengan anak dan berpengaruh langsung terhadap kepribadiannya. Kata pepatah, “Buah mangga jatuh tak jauh dari pohonnya”.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengabarkan hal ini dalam sabdanya

فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ

“Orang tua lah yang membuat (anak)nya menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Anak merupakan aset masa depan dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Segala upaya untuk mendidik, merawat dan mengelola harus dikerahkan agar aset tersebut bisa mendatangkan keuntungan di dunia dan di akhirat. Tantangan dari luar maupun dalam menuntut orang tua untuk mempersiapkan agenda yang baik dalam pendidikan anaknya.

Seorang anak yang bertauhid, tidak berbuat syirik, berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada sesama manusia, dan jauh dari sifat sombong diharapkan mampu menghadapi tantangan kehidupan yang bersifat materialistis, liberalistis, anti agama dan mengumbar hawa nafsu.

Allah ta’ala berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang diperintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At-Tahrim: 6)

Diary BMS, Rabu 25 Rabi’ul Awwal 1437 H / 06 Januari 2016 M

BBM : 5C9A0865
Whatsapp : 0853-6491-5817
Twitter : @MenujuSurga_BMS
Telegram : @bersamamenujusurga
Facebook : Bersama Menuju Surga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *