Catatan Tentang Khusyu’ Ketika Shalat

Khusyu’ ketika shalat, impian yang didambakan namun tak kunjung kesampaian. Ketenangan hati ketika shalat dan kedamaian jiwa ketika selesai darinya, kenapa tak kunjung didapatkan? Sudah beratus kali shalat, tapi kenapa kebahagiaan itu masih sulit untuk dirasakan? Khusyu menjadi karakter orang yang beriman, tapi kenapa masih merasa jauh darinya?

“Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya” (QS. Al Mukminun : 11-2)

Lain halnya dengan orang shalih yang menyadari keagungan shalat. Sadar sepenuh hati, itulah saat-saat berinteraksi dengan Allah pencipta langit dan bumi. Ketika tiba waktu shalat, wajahnya pucat pasi. Apa yang membuat wajahmu berubah seperti ini ketika berwudhu? Dia menjawab, “Tahukah kamu di hadapan siapa saya akan berdiri?”

Shalat menjadi sesuatu yang istimewa dimatanya. Sujud menjadi kerinduannya karena itulah saat-saat seorang hamba begitu dekat dengan Tuhannya. Sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam “Keadaan paling dekat seorang hamba dari Rabbnya adalah ketika dia sujud. Maka perbanyaklah doa (saat sujud)” (HR. Muslim).

Lalu, apa solusinya agar hati bisa merasakan nikmat khusyu’ ketika shalat?

1. Memintanya dari Allah ta’ala karena Dialah Rabb Yang Maha Kuasa atas segalanya.
2. Menyadarkan diri bahwa “Saya sedang bermunajat kepada Allah”
3. Memahami bacaan shalat dan menghayati maknanya.

Diary BMS, Selasa 26 Januari 2016

BBM : 5C9A0865
Whatsapp : 0853-6491-5817
Twitter : @MenujuSurga_BMS
Telegram : @bersamamenujusurga
Facebook : Bersama Menuju Surga
Line : http://line.me/ti/p/%40utu8587h

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright© . Peduli Muslimah.