muslimplus

Karena jilbabmu adalah pakaian kehormatanmu

Karena jilbabmu adalah pakaian kehormatanmu

Kalau ada kawan yang bertanya, “Kok jilbabnya lebar banget sih?” Jawab saja, “Iya nih, soalnya Allah yang nyuruh..” Kalau ditanya lagi, “Memangnya gak panas pakai jilbab selebar gitu? Tuh kan keringetan..” Jawab saja, “Aku sih mending panas-panasan di dunia daripada panas-panasan di neraka kelak” Kalau di tanya lagi, “Memangnya gak takut di cemooh sama orang-orang?…

Ketika beramal karena dunia

Beramal akhirat untuk mendapatkan dunia semata; sungguh merugi dan celaka. Pujian manusia, popularitas, status sebagai orang yang dermawan, pemilik bacaan Al-Qur’an yang baik, atau gelar sebagai orang yang rajin puasa Senin Kamis; Allah akan berikan untuk hamba pencari dunia. مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لا يُبْخَسُونَ Barang siapa…

Catatan Tentang Khusyu’ Ketika Shalat

Khusyu’ ketika shalat, impian yang didambakan namun tak kunjung kesampaian. Ketenangan hati ketika shalat dan kedamaian jiwa ketika selesai darinya, kenapa tak kunjung didapatkan? Sudah beratus kali shalat, tapi kenapa kebahagiaan itu masih sulit untuk dirasakan? Khusyu menjadi karakter orang yang beriman, tapi kenapa masih merasa jauh darinya? “Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang…

Apa Yang Kita Sombongkan?

1) Tahukah kita bahwa Imam An Nawawi menulis Syarh Shahih Muslim yang tebal itu sedang beliau tak punya Kitab Shahih Muslim? 2) Beliau menulisnya berdasarkan hafalannya dari Kitab Shahih Muslim yang diperoleh dari Gurunya; lengkap dengan sanad inti & sanad tambahannya. 3) Sanad inti maksudnya; perawi antara Imam Muslim sampai Rasulullah. Sanad tambahan yakni; mata-rantai…

Makanlah Dengan Perlahan

Siapa yang gak suka makan. Semua suka makan. Makan merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari, berulang ulang, tapi tidak pernah bosan. Hobi? Bukan. Lebih tepatnya kebutuhan. Ada hal sepele yang berkaitan dengan makan namun sering luput dari perhatian, yaitu durasi makan. Waktu yang dihabiskan seseorang untuk menyantap makanan berbeda satu sama lain. Ada yang makan…

Tidur Berkualitas

Sudah tidur. Kenapa masih lelah? Sudah tidur sekian jam kenapa masih mengantuk? Apa waktunya kurang? Bukan. Barangkali kualitasnya yang berkurang. Pengaruh dari aktivitas tidur terhadap tubuh luar biasa besar. Kenapa? Karena tidur adalah sebuah media bagi tubuh untuk relaksasi dan beristirahat dari segala kepenatan aktivitas fisik seharian. “dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat” (Q.S. An-naba’…

Rumah Tangga Yang Bahagia

Maksudnya bukan berarti bersih dari masalah. Problem tetap ada, tapi bisa disikapi dengan baik dan diatasi dengan bijak. “Sudah sholat dek?” “Belum bang” “Kenapa belum sholat?” “Baru pulang. Capek. Nggak sempet sholat Ashar. Ketiduran sampe Maghrib” “Shalat dulu ya, sekarang sudah hampir Isya. Nanti lanjut istirahat lagi.” Masalah shalat yang sangat penting. Kadang pasangan kita…

Bahagia Yang Mengherankan

Ketika takut terhadap sesuatu, hal yang seharusnya dilakukan adalah menjauh dari hal yang ditakuti. Menjauh sejauh-jauhnya. Namun aneh, ada satu rasa takut yang justru bekerja sebaliknya. Semakin besar rasa takut, semakin besar pula keinginan untuk mendekat. Padahal air mata mendesak keluar, lutut gemetar, gigi pun bergemeletuk karena takut. Sekali lagi, ini aneh. Kenapa rasa takut…

Kecantikan Seorang Wanita

Wanita berwajah cantik, ternyata hal itu belum cukup. Allah azza wa jalla tak menilai kemuliaan dari wajahnya semata. Seorang wanita masih membutuhkan keindahan akhlak, kekokohan aqidah, kecerdasan pikiran serta hidup yang berprinsip dalam dirinya. Meskipun wajahnya jauh dari standar cantik menurut ukuran mayoritas, tapi dialah wanita cantik yang sebenarnya Wanita yang cantik secara fisik, ternyata…

Memperbaiki Kualitas Diri

Ketika dalam benak terbesit keinginan untuk memperbaiki diri, sebaiknya kita tak perlu lagi menunggu waktu untuk menjadikannya sebuah kenyataan. Menundanya sama sekali bukanlah pilihan yang tepat. Karena dikhawatirkan semangat yang mencuat diawal akan terasa semakin mengendur setelah kita menunda dan terus menunda. Sehingga yang terjadi selanjutnya adalah kita kehilangan rasa semangat untuk menjadi pribadi yang…