muslimplus

Kaos Kaki Ketika Koass

Beberapa tahun lalu, seorang kakak tingkat di kampus yang baru saja menyelesaikan exchange clerkship di luar negeri tepatnya Eropa sempat bercerita tentang kisah kaos kaki yang sedikit banyak memaksa untuk berpikir. Exchange clerkship adalah co-ass atau kepaniteraan klinik yang dilakukan di luar negeri. Menjalani kehidupan beberapa bulan di rumah sakit luar negeri sebagai dokter muda…

Kalau kamu jatuh, mau bangkit lagi kan?

Kalau kamu jatuh, mau bangkit lagi kan?

Mereka yang berani bangkit setelah terjatuh sekian kali tentu karena telah Allah anugerahkan jiwa yang amat teguh untuknya. Sebab bangkit dari keterjatuhan bukanlah hal yang mudah. Allah azza wa jalla membuat langkahnya yang sebelum itu rapuh kembali menguat untuk menjejak. Merekapun berusaha untuk tidak ingin mengambil hati terhadap perkataan siapapun yang mencerca. Tidak juga ingin…

Cambuk Kata Penggetar Jiwa Imam Ahmad

Cambuk Kata Penggetar Jiwa Imam Ahmad

Imam Ahmad bin Hanbal, siapa yang tak kenal beliau. Imam kaum muslimin yang namanya masih dibicarakan hingga saat ini. Jika kita menyebut perawi hadits maka tak asing kita menyebut nama beliau. Hadits riwayat Ahmad, ucap kita. Siapakah pendukung imam Ahmad saat beliau di penjara karena membela kebenaran? Diantaranya adalah Abul Haitsam. Siapa Abul Haitsam? Ulama-kah?…

Kejujuran Harga Mutlak

Kejujuran Harga Mutlak

Apapun variabel yang berada dalam harga mutlak nilainya akan selalu positif. Senegatif apapun variabel didalamnya. Kejujuran persis seperti notasi matematis ini. Sehingga sepahit apapun, segalau apapun, sebaper apapun atau juga semenyakitkan apapun dari kejujuran yang diungkapkan maka sedikitpun kita tak akan merugi. Karena tiap kejujuran selalu akan berakhir indah, selalu berakhir dengan tanda plus. Bahkan…

Orang Bilang Sih Dia Cantik, Tapi…

Orang Bilang Sih Dia Cantik, Tapi…

Kecantikan fisik sungguh-sungguh tidak akan pernah mengantarkanmu pada surganya Allah. Tubuh yang indah dan wajah yang cantik akan tergerus seiring berjalannya waktu. Di hatilah letak kecantikan. Karena hanya hati yang indah pula yang akan menggiring seseorang untuk takut dan taat kepada Allah. Bagaimana seorang wanita tersebut menjaga dirinya dari maksiat dan terus memperbaiki keadaan dirinya…

Ingat Manusia Jadi Penyakit, Ingat Allah Jadi Obat

Ingat Manusia Jadi Penyakit, Ingat Allah Jadi Obat

Abdullah bin ‘Aun mengatakan bahwa “Mengingat manusia adalah penyakit dan mengingat Allah adalah obat”. Kemudian Imam Adz-Dzahabi menanggapi perkataan tersebut dengan ucapannya, إِي وَاللهِ، فَالعَجَبَ مِنَّا وَمِنْ جَهْلِنَا كَيْفَ نَدَعُ الدَّوَاءَ وَنَقْتَحِمُ الدَّاءَ؟ “Iya, Demi Allah. Kadang kita sampai heran sendiri melihat kebodohan kita. Obatnya dibuang-buang, penyakitnya justru dikumpulin.” (Siyar A’lam An-Nubala’, 6/369) ﴿الَّذِينَ آمَنُوا…

Kebersamaan Hanya Tinggal Kenangan

Kebersamaan Hanya Tinggal Kenangan

Sejak pertama kali kamu mendengar tangisan anakmu sejak itulah kamu bukan wanita seperti yang dulu. Kamu begitu merindukan kebebasan , ketika bisa mengatur jadwal sesukamu, tidur semaumu dan tidak perlu mencemaskan segala sesuatu. Kini engkau menjadi tau bagaimana rasanya kelelahan, seolah 24 jam tak pernah cukup bagi hari harimu, dan dengan ritme yang sama selalu….

Pengikat Nikmat

Pengikat Nikmat

Tau gak sih kalau lupa itu salah satu nikmat Allah yang tidak terbilang besarnya. Coba deh bayangin misal saat ini tiap semua kejadian yang pernah kita alami berputar dalam satu waktu yang bersamaan. Tidak ada yang dilupakan namun diingat semua dalam satu waktu itu. Gimana? Kejadian yang pelik diputar bersamaan dengan kejadian dimana kita saat…

Adab Copast

Adab Copast

Memang ya kalau sudah ketemu tulisan atau artikel yang keren plus menarik rasanya pengen posting saja di wall sosmed. Terlebih lagi kalau postingan yang bakal di copaste tersebut sangat bermanfaat buat semua. Uh, kayak udah gak punya alasan lagi buat gak share. Ada satu saran penting nih yang sebenarnya sudah sering sih lalu lalang di…

Keberkahan hidup bersama AlQur’an

Keberkahan hidup bersama AlQur’an

Bismillah… Anak saya yg pertama (kakaknya Aisyah Salmaa) selepas SD langsung masuk Pesantren, selesai MTS (SMP) tdk lanjut ke MA (SMA), tapi saya masukkan lembaga Tahfidz Qur’an di mega mendung bogor dan alhamdulillah +/- 1 thn sdh hafal 30 juz. Kemudian lanjut pendalaman ilmu agama dan berusaha meraih sanad alqur’an dg bimbingan syekh dari Yaman…