Nasehat

Takut Beramal Karena Takut Riya’?

Orang yang riya’ adalah yang memperlihatkan ibadahnya kepada orang lain demi mendapat pujian.Termasuk juga dalam makna ini adalah sum’ah, yakni orang yang memperdengarkan amalannya kepada orang lain demi mendapat pujian.             Orang yang meninggalkan suatu amalan karena takut dibilang riya’ juga termasuk perbuatan riya’, sebab ia meninggalkan amalan karena manusia bukan karena Allah ‘Azza wa…

Pendaftaran Grup Taman Surga

Pendaftaran Grup Taman Surga

🌺TAMAN SURGA🌺 << طَلَبَ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ >> “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.” (Hadits Shahih, Riwayat Baihaqi) “Kebutuhan manusia terhadap ilmu (agama) melebihi besarnya kebutuhan mereka terhadap makan dan minum, karena makan dan minum dibutuhkan sekali atau dua kali dalam sehari, adapun ilmu (agama) dibutuhkan (sesuai) dengan hitungan nafas manusia (setiap…

KAFFAH (Kajian Fiqih Nifas, Haid, dan Istihadah)

KAFFAH (Kajian Fiqih Nifas, Haid, dan Istihadah)

Kajian online GRATIS via WhatsApp membahas fiqih nifas, haid, dan istihadah selama 30 hari. Khusus Muslimah (pelajar/mahasiswa/umum) Waktu Pendaftaran 22 Oktober 2016 s.d. 29 Oktober 2016 Waktu Belajar 01 s.d. 30 November 2016 Fasilitas >> audio kajian setiap hari senin s.d. sabtu >> kuis tiap minggu >> sertifikat online Pemateri : Ust. Muhammad Abu Rivai…

Perjuangan Pecinta Surga

Perjuangan Pecinta Surga

Tak ada hal yang lebih indah tatkala kita melakukan sesuatu atas dasar cinta. Sekalipun hal tersebut mengundang lelah juga menguras tenaga. Karena cinta selalu saja menguatkan hati. Memang tak sepenuhnya dapat menguatkan fisik, tapi bukankah kekuatan hati itulah yang terpenting? Karena cinta, ada seseorang yang bahkan rela menjual seluruh warisannya demi biaya menuntut ilmu syar’i….

Karena jilbabmu adalah pakaian kehormatanmu

Karena jilbabmu adalah pakaian kehormatanmu

Kalau ada kawan yang bertanya, “Kok jilbabnya lebar banget sih?” Jawab saja, “Iya nih, soalnya Allah yang nyuruh..” Kalau ditanya lagi, “Memangnya gak panas pakai jilbab selebar gitu? Tuh kan keringetan..” Jawab saja, “Aku sih mending panas-panasan di dunia daripada panas-panasan di neraka kelak” Kalau di tanya lagi, “Memangnya gak takut di cemooh sama orang-orang?…

Ketika beramal karena dunia

Beramal akhirat untuk mendapatkan dunia semata; sungguh merugi dan celaka. Pujian manusia, popularitas, status sebagai orang yang dermawan, pemilik bacaan Al-Qur’an yang baik, atau gelar sebagai orang yang rajin puasa Senin Kamis; Allah akan berikan untuk hamba pencari dunia. مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لا يُبْخَسُونَ Barang siapa…

Catatan Tentang Khusyu’ Ketika Shalat

Khusyu’ ketika shalat, impian yang didambakan namun tak kunjung kesampaian. Ketenangan hati ketika shalat dan kedamaian jiwa ketika selesai darinya, kenapa tak kunjung didapatkan? Sudah beratus kali shalat, tapi kenapa kebahagiaan itu masih sulit untuk dirasakan? Khusyu menjadi karakter orang yang beriman, tapi kenapa masih merasa jauh darinya? “Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang…

Apa Yang Kita Sombongkan?

1) Tahukah kita bahwa Imam An Nawawi menulis Syarh Shahih Muslim yang tebal itu sedang beliau tak punya Kitab Shahih Muslim? 2) Beliau menulisnya berdasarkan hafalannya dari Kitab Shahih Muslim yang diperoleh dari Gurunya; lengkap dengan sanad inti & sanad tambahannya. 3) Sanad inti maksudnya; perawi antara Imam Muslim sampai Rasulullah. Sanad tambahan yakni; mata-rantai…

Makanlah Dengan Perlahan

Siapa yang gak suka makan. Semua suka makan. Makan merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari, berulang ulang, tapi tidak pernah bosan. Hobi? Bukan. Lebih tepatnya kebutuhan. Ada hal sepele yang berkaitan dengan makan namun sering luput dari perhatian, yaitu durasi makan. Waktu yang dihabiskan seseorang untuk menyantap makanan berbeda satu sama lain. Ada yang makan…

Tidur Berkualitas

Sudah tidur. Kenapa masih lelah? Sudah tidur sekian jam kenapa masih mengantuk? Apa waktunya kurang? Bukan. Barangkali kualitasnya yang berkurang. Pengaruh dari aktivitas tidur terhadap tubuh luar biasa besar. Kenapa? Karena tidur adalah sebuah media bagi tubuh untuk relaksasi dan beristirahat dari segala kepenatan aktivitas fisik seharian. “dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat” (Q.S. An-naba’…